cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ulilalbabjournal@gmail.com
Phone
+6282211345348
Journal Mail Official
ulilalbabjournal@gmail.com
Editorial Address
SLENDRO RT 002/001, GESI, SRAGEN
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Ulil Albab
Published by CV. Ulil Albab Corp
ISSN : -     EISSN : 28100581     DOI : -
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, Peternakan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin terbit setiap bulan atau 12 kali dalam setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4: Maret 2022" : 45 Documents clear
Dampak Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Menunjang Keberhasilan Kerja Pegawai Di Kantor Lurah Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari Tahmit Ansar
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pendidikan dan pelatihan dalam menunjang keberhasilan kerja pegawai di Kantor Lurah Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Pustaka dan Studi Lapangan. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yaitu lurah. Sekretaris dan pegawai. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan dapat membantu berbagai perbaikan-perbaikan sistem kerja dan pelayanan dalam memberikan berbagai solusi-solusi dan pemecahan masalah yang dihadapi sehingga pendidikan sangat penting bagi pegawai untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam bekerja di kantor. Pelaksanaan keterampilan dapat menyelesaikan berbagai masalah dan adanya penerapan berbagai inovasi-inovasi yang baru dalam rangka memberikan pelayanan. Dampak pendidikan dan pelatihan dalam menunjang keberhasilan kerja pegawai di Kantor Lurah Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari berupa kualitas kerja memanfaatkan segenap sumber daya organisasi baik berupa prasarana atau sarana kerja maupun berupa metode, prosedur dalam melaksanakan tugas dan pelayanan dengan baik sesuai waktu yang telah ditetapkan, bekerja berdasarkan pedoman kerja yang telah ditetapkan. Kuantitas kerja suatu pekerjaan dengan banyaknya pekerjaan yang diserahkan dapat diselesaikan tepat waktu dan telah memenuhi pencapaian produktivitas kerja dan telah mengerjakan beban kerja yang banyak sesuai dengan prosedur kerja. Waktu kerja senantiasa patuh, taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku dan sanggup menerima sanksi apabila melanggar.
Hybrid Learning Lectures for Achieving Arabic Language Competence in the Free Curriculum Frame for Independent Learning (MBKM) at Zainul Hasan Islamic University Genggong Kraksaan Probolinggo Ainur Rofiq Sofa; Abd Aziz; Muhammad Ichsan
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article examines the Hybrid Learning system, the advantages and disadvantages of offline and online lectures in achieving basic competence in the Arabic language curriculum at the Zainul Hasan Genggong Kraksaan Islamic University Probolinggo. The purpose of this article is to find out what are the advantages and disadvantages of offline and online lectures. As we know, there are two lecture systems currently being implemented, namely the Hybrid Learning system or in other words online (within the network) and the offline system (outside the network). Of course, this Hybrid Learning system has similarities and differences, as well as the strengths and weaknesses both in the lecture process, as well as the effectiveness to be achieved, this will also affect the achievement of the basic competencies applied. This study uses a qualitative method with a descriptive approach based on field facts to determine the advantages and disadvantages of the Hybrid Learning system, offline and online lectures in achieving basic competencies in the Arabic curriculum. The results of the study and discussion show that there are data obtained in the field that offline and online lectures have advantages and disadvantages both in terms of methods, media, and the lecture process. And regarding this matter, both offline and online lectures do not guarantee that basic competencies in the MBKB curriculum frame in higher education institutions, especially the Zaiul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo Islamic University campus, can be fully achieved to the maximum according to institutional targets.
Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Kelompok B di PAUD Mandiri Desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Neli Gustuti; Mardiah Astuti; Elsa Cindrya
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui perkembangan bahasa,pelaksanaan metode bercerita dan pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan bahasa pada Kelompok B di PAUD MANDIRI desa suka negeri kecamatan banding agung kabupaten ogan komering ulu selatan. Jenis penelitian ini adalah Pre- experimental dengan desain One Group Pre test-Post test (satu kelompok subjek). Jumlah sampel anak berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi awal sebelum diberi perlakuan dengan pembelajaran dengan media buku bergambar yaitu buku tema,observasi digunakan untuk mengumpulkan data pada saat treathment, tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilita, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hipotesis dalam penelitian ini diperoleh Dari perhitungan diatas diperoleh thitung = 45,6852 sedangkan dk =15+15–2 =28 dengan taraf nyata 5% sehingga didapat ttabel =1,7011 karena thitung = 45,6852 > ttabel =1,7011 maka kesimpulannya HO di tolak artinya ada pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan bahasa pada kelompok B di PAUD MANDIRI Desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
Pengelolaan Akun Media Sosial Instagram @pupukujang Sebagai Media Komunikasi PT Pupuk Kujang Cikampek (Persero) Anggita Sarasati; Retasari Dewi
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan media sosial sebagai jembatan komunikasi semakin banyak digunakan oleh perusahaan, organisasi dan instansi pemerintah. Fitur yang ada di aplikasi media sosial dimanfaatkan tidak hanya sebagai alat persebaran informasi tapi juga membangun hubungan yang berarti dengan publik. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui bagaimana Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pupuk Kujang Cikampek dalam mengelola akun media sosial Instagram yang mencakup tahap share, tahap optimize, tahap manage dan tahap engage. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif menggunakan teknik pengumpulan wawancara, observasi dan studi pustaka. Melalui penelitian disimpulkan bahwa, Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pupuk Kujang Cikampek, memanfaatkan Instagram sebagai media sosial utama untuk membangun komunikasi timbal balik dengan waktu sebenarnya, konten dibagi dalam kategori pemberitaan perusahaan, edukasi dan hiburan. Optimalisasi akun ini dilakukan dengan secara rutin mengunggah konten, dan menggunakan tagar dan menyebut pihak terkait dalam unggahan, keterangan gambar ditulis dengan konsep Attention, Interest, Desire, Action (AIDA). Pengelolaan akun ini masih dilakukan secara manual dengan monitoring setiap bulan dan perencanaan konten. Akun ini membangun keterikatan dengan pengikutnya, melalui cara bekerjasama influencer yang memiliki perhatian pada bidang pertanian, karyawan yang memiliki banyak pengikut di media social, petani binaan yang sukses dan tokoh manajemen dalam setiap unggahannya.
Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas VI Semester 1 di SDN Purwoprajan II Jebres Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 Suyatmi
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyeknya yaitu siswa kelas VI SDN Purwoprajan II Jebres Surakarta berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Validitas data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 22,22% dan setelah tindakan 51,85%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 29,63% dan setelah tindakan 70,37%, 3) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 25,93% dan setelah tindakan 66,67%, 4) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 37% dan setelah tindakan 74,07%. Pada hasil belajar mengalami peningkatan terbukti ketuntasan belajar mengalami kenaikan dari pra siklus yang hanya 59,26% meningkat menjadi 66,67% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 74,07% pada siklus II dan mengalami peningkatan pada siklus III yakni sebesar 88,89%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam belajar matematika.
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Terstruktur pada Guru Sekolah Dasar Negeri Purwoprajan II Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 SM NINGRUM
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan sekolah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian Kurikulum 2013 melalui bimbingan terstruktur pada Guru Sekolah Dasar Negeri Purwoprajan II Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yaitu penelitian yang dilakukan oleh kepala sekolah, dengan penekanan pada peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian Kurikulum 2013. Subyek penelitian adalah guru Kelas Sekolah Dasar Negeri Purwoprajan II Surakarta yang berjumlah 6 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data dengan triangulasi sumber maupun metode. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembimbingan terstruktur mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Faktor yang menyebabkan kenaikan yang cukup siknifikan yaitu kemampuan guru yang sudah meningkat, kemauan dan semangat guru dalam mengikuti bimbingan terstruktur yang sangat tinggi. Langkah-langkah dalam pembimbingan terstruktur sangat mempengaruhi keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan melaksanakan penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Sedangkan faktor yang kedua yang mempengaruhi peningkatan kemampuan guru dalam teknik penilaian kurikulum 2013 yaitu teknik atau langkah-langkah yang tepat yang dilaksanakan oleh peneliti.
Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali Fatihul Khoir
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan pada saat ini telah mengalami masa degradasi moral yang ditandai dengan banyaknya kenakalan remaja, seperti: pergaulan bebas, minumam keras, tawuran, narkoba, dan masih banyak lagi hal-hal yang keluar dari akhlaq terpuji. Pergaulan merupakan salah satu penyebab hal-hal tersebut bisa terjadi, dan karena minimnya pengetahuan agama yang mengajarkan tentang akhlaq yang terpuji serta kurangnya kesadaran diri untuk selalu berbuat yang lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Al-Ghazali. Metode penelitian yang digunakan adalah library research yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan objek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan atau telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya tertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam kitab Bidayah al-Hidayah karya Al-Ghazali, meliputi: nilai-nilai pendidikan aqidah, nilai-nilai pendidikan ibadah, dan nilai-nilai pendidikan akhlaq.
Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Spontan Era Agustina Yamini
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the effect of the marketing mix (product, price, promotion, distribution) on spontaneous purchasing decisions. The sample in this study were consumers who had made a spontaneous purchase. The number of respondents in this study were 150 people. This research is a quantitative study, with the sampling method is purposive sampling. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis with the help of SPSS. The results of this study indicate that there is an influence between the marketing mix on impulsive buying behavior.
Analisis Literasi Digital Siswa Kelas V di SDN 22 Tanjung Batu Nurlaini; Tutut Handayani; Fuaddilah Ali Sofyan; Sunardi
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN 22 Tanjung Batu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang peneliti lakukan bahwa siswa memahami informasi dalam konten digital yang diperlukan, mengoperasikan alat-alat digital sesuai yang diperlukan menggunakan smartphone, dan mudah dapat menggunakan beberapa jenis aplikasi. Kendala Literasi Digital Siswa Kelas V di SDN 22 Tanjung Batu rendahnya minat baca siswa tentang literasi digital, rendahnya kesadaran siswa untuk membaca buku literasi digital, Sulit menggunakan alat-alat digital, tidak tersedianya fasilitas alat-alat digital, siswa mempunyai Smartphone tetapi tidak digunakan untuk belajar, dan siswa kurang memahami apa itu literasi digital. Cara guru mengatasi kendala berliterasi digital siswa Kelas V Di SDN 22 Tanjung Batu, upaya yang dilakukan guru adalah menerapkan membaca siswa di perpustakaan minimal 3 kali seminggu, supaya siswa dilatih dalam minat membaca tentang buku-buku literasi digital. guru harus memberikan arahan tentang kesadaran siswa untuk membaca buku literasi digital, guru menguasai dan memanfaatkan alat-alat digital dalam proses pembelajaran. Supaya bisa menghadapi siswa yang sulit dalam menggunakan alat-alat digital.  
Analisis Model Pembelajaran Blended kelas V di SDN 22 Tanjung Batu Nurlaina; Tutut Handayani; Fuaddilah Ali Sofyan; Sunardi
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 4: Maret 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Pembelajaran blended, kendala penerapan model pembelajaran blended, dan upaya mengatasi kendala penerapan model pembelajaran blended pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 22 Tanjung Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitiannya yang telah dilakukan di SDN 22 Tanjung Batu dengan metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi ditemukan bahwa penggunaan model pembelajaran blended learning menggunakan dua metode pembelajaran yaitu online dan offline. Mengingat adanya kondisi pandemi yang tidak memungkinkan adanya pertemuan tatap muka secara langsung antara pendidik dan peserta didik maka dari pihak lembaga pendidikan (sekolah) meminta bantuan (kerja sama) dengan wali siswa untuk pembelajaran secara langsung (offline). Kendala penerapan model pembelajaran blended pada pembelajaran tematik yaitu tidak semua peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Upaya mengatasi kendala penerapan model pembelajaran blended pada pembelajaran tematik yaitu sekolah mengatasi telah membekali guru dengan memberikan pelatihan guru kreatif, guru diajari bagaimana cara dalam melakukan pembelajaran daring dan bagaimana memanfaatkan media elektronik dalam pembelajaran.